SILABUS
Sekolah : SMP Al Falah
Kelas : VII
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Semester : I ( satu )
Standar Kompetensi: 1. Menunjukkan sikap positif terhadap norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI POKOK | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||
TEKNIK | BENTUK | CONTOH INSTRUMEN | ||||||
1.1 Mendeskripsikan hakikat norma-norma, kebiasa an, adat istiadat, peraturan yang berlaku dalam masyarakat | · Menjelaskan hakekat norma · Menjelaskan pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat · Menguraikan macam-macam norma | Norma -norma dalam masyarakat | ·Mencari informasi dari berbagai sumber tentang norma-norma , kebiasaan, adat istiadat dan peraturan yang berlaku dalam masyarakat Sunda ·perbedaan macam-macam norma yang berlaku di masyarakat Sunda ·Mencari informasi akibat dari tidak mematuhi norma-norma, kebiasaan, adat istiadat, peraturan yang berlaku dimasyarakat Sun da ·Membuat laporan | Tes tulis | Tes Uraian | 1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan norma! 2. Jelaskan apa manfaat norma bahi kehiudupan manusia dalam pergaulan di masyarakat! 3. Uraikan macam-macam norma yang ada di masyarakat! | 4 x 40’ | - Susanti, Dini. (2006). Pendidikan Kewaeganegaraan Untuk SMP/MTs Kelas VII. Bansung: Rama Eisya - Gunawan. (2010). Pendidikan Kewarganegaraan. Klaten: Grafika Sua Tujuh |
1.2. Menjelaskan hakikat dan arti penting hukum bagi warga negara | · Menjelaskan pentingnya norma hukum dalam kehidupan bernegara · Menjelaskan tujuan ditetapkannya hukum dalam suatu negara · Menunjukkan kepatuhan ter hadap hukum dalam kehidup an sehari-hari | Norma -norma dalam masyarakat | · Menjelaskan pengertian dan pembagian hukum · Menjelaskan perbedaan hukum publik dan hukum privat · Menjelaskan tujuan dan fungsi hukum dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara · Menunjukkan kepatuhan ter hadap hukum dalam kehidupan sehari-hari | Tes tulis | Tes pilihan ganda | Masyarakat memerlukan norma hukum,karena…. A. ingin berbuat yang terbaik badi dirinya B. belum semua kepentingan terwadahi dalam C. tidak semua orang mentaati norma yang ada D. hendak mewujudkan kepastian hukum Tujuan ditetapkannya norma hukum adalah untuk mewujudkan .... A. keadilan B. kepastian hukum C. ketertiban dalam masyarakat* D. kebahagiaan bagi masyarakat Ketika kamu pulang sekolah melihat seorang pencuri sedang dikeroyok . Apa yang akan kamu lakukan? A. membiarkan saja B. melaporkan ke pihak berwajib C. melerainya D. mengajak teman ikut mengeroyok | 4 x 40’ | - Susanti, Dini. (2006). Pendidikan Kewaeganegaraan Untuk SMP/MTs Kelas VII. Bansung: Rama Eisya - Gunawan. (2010). Pendidikan Kewarganegaraan. Klaten: Grafika Sua Tujuh - contoh UU, artikel/berita di media massa, dan lain-lain |
1.3 Menerapkan nor ma-norma, kebi asaan-kebiasa an, adat istia dat dan peratur an yang berlaku dalam kehidup an bermasyara kat, berbangsa dan bernegara | · Perlunya penerapan norma , kebiasaan dan adat istiadat yang berlaku dalam masyarakat | Norma -norma dalam masyarakat | · Menjelaskan pentingnya penerap an norma , kebiasa an dan adat istiadat Menganalisis akibat yang akan ditimbulkan bila tidak menerapkan norma , kebiasaan dan adat istiadat yang berlaku dalam masyarakat | Portofo lio | Dokumen pekerjaan siswa | laporan tentang jenis dan jumlah pelanggaran terhadap norma, kebiasaan dan adat istiadat yang terjadi di masyarakat sekitar tempat tinggalnya. Aspek-aspek yang dinilai : 1. Ketepatan mengumpulkan tugas 2. Kerapihan 3. Isi atau materi yang dilaporkan 4. Sumber data jelas | 2 x 40’ | - Susanti, Dini. (2006). Pendidikan Kewaeganegaraan Untuk SMP/MTs Kelas VII. Bansung: Rama Eisya - Gunawan. (2010). Pendidikan Kewarganegaraan. Klaten: Grafika Sua Tujuh |
SILABUS
Sekolah : SMP Al Falah
Kelas : VII
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Semester : I ( satu )
Standar Kompetensi : 2. Mendeskripsikan makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI POKOK | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||||||||||||||||||||||||||||||
TEKNIK | BENTUK | CONTOH INSTRUMEN | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
2.1 Menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan | · Menguraikan perjuangan bangsa Indo nesia dalam mencapai kemerdekaan · Menjelaskan arti kemerdekaan bagi suatu bangsa · Menunjukkan pentingnya pewarisan semangat proklamasi kemerdekaan | Hubungan Proklamasi kemerdekaan dengan UUD 1945 | Menelaah dan mendiskusikan isi tulisan tentang sejarah penjajahan bangsa asing di Indonesia | Tes tulis Tes tulis Tes lisan | Daftar pertanyaan Daftar pertanyaan Daftar pertanyaan | Sebutkan perlawanan-perlawanan yang dilakukan setelah tahun 1908 dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia! Jelaskan pentingnya kemerdekaan bagi martabat dan kesejahteraan dan suatu bangsa! Mengapa jiwa atau semangat proklamasi tetap diperlukan sepanjang hayat? Tunjukkan contoh semangat proklamasi dalam kehidupan dewasa ini! | 4 x 40’ | - Susanti, Dini. (2006). Pendidikan Kewaeganegaraan Untuk SMP/MTs Kelas VII. Bansung: Rama Eisya - Gunawan. (2010). Pendidikan Kewarganegaraan. Klaten: Grafika Sua Tujuh | ||||||||||||||||||||||||||||
2.2 Mendeskripsikan suasanakebatinan konstitusi pertama | · Mengjelaskan suasana sidang PPKI tanggal 18-8-1945 · Menguraikan hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18-8-1945 · Menganalisis hubungan proklamasi dengan UUD 1945 | Hubungan Proklamasi kemerdekaan dengan UUD 1945 | Membaca , mendiskusikan dan melaporkan suasana sidang PPKI tanggal 18-8-1945 | Tes lisan Tes lisan Tes unjuk kerja | Daftar pertanyaan Daftar pertanyaan Tes identifikasi | Siapa di antara kalian yang bisa menggambarkan suasana sidang PPKI tanggal 18—1945? Uraikan hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18-8-1945! Pembukaan UUD 1945 dinyatakan sebagai pernyataan proklamasi secara rinci. Uraikan apa makna pernyataan di atas Tugas : Membaca UUD 1945 hasil perubahan ke-empat | 4 x 40’ | - Susanti, Dini. (2006). Pendidikan Kewaeganegaraan Untuk SMP/MTs Kelas VII. Bansung: Rama Eisya - Gunawan. (2010). Pendidikan Kewarganegaraan. Klaten: Grafika Sua Tujuh - UUD 1945 pasca perubahan | ||||||||||||||||||||||||||||
2.3 Menunjukkan si kap positif terha dap makna prok lamasi kemerde kaan dan suasa na kebatinan konstitusi pertama | · Menunjukkan sikap positif terhadap makna proklamasi kemerdekaan dan suasana sidang UUD pertama | Hubungan Proklamasi kemerdekaan dengan UUD 1945 | Membuat karangan singkat tentang makna proklamasi bagi kehidupannya di masyarakat | Kuesio ner | Daftar ceklist | Petunjuk! Berilah tanda cek (V) pada kolom yang sesuai dengan pendapat kalian!
Keterangan: Ya= sependapat dengan pernyataan ( skor 1, jika pernyataan positif, dan skor 0 jika pernyataan negatif) Tdk=tidak sependapat dengan pernyataan ( skor 0, jika pernyataan positif dan skor 1 jika pernyataan negatif) | 4 x 40’ | - Susanti, Dini. (2006). Pendidikan Kewaeganegaraan Untuk SMP/MTs Kelas VII. Bansung: Rama Eisya - Gunawan. (2010). Pendidikan Kewarganegaraan. Klaten: Grafika Sua Tujuh - Dokumenta si berupa poto-poto sidang PPKI |
SILABUS
Sekolah : SMP Al Falah
Kelas : VII
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Semester : II ( dua )
Standar Kompetensi : 3. Menampilkan sikap positif terhadap perlindungan dan penegakkan Hak Azasi Manusia (HAM)
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI POKOK | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
TEKNIK | BENTUK | CONTOH INSTRUMEN | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3.1 Menguraikan hakikat, hukum dan kelembagaan HAM | · Menyebutkan berbagai instrumen HAM · Menjelaskan latar belakang lahirnya perundang-undangan HAM nasional | Perlindungan dan Penegakkan HAM | Membaca dan mendiskusi kan materi tentang tugas peran lembaga-lembaga perlindungan HAM, seperti : Komnas Hak Asasi Manu sia;Yayasan Lembaga Ban tuan Hukum Indonesia; Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekeras an dan Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat | Tes tulis Tes tulis | Tes Pilihan Ganda Uraian Tes Pilihan Ganda Uraian | Berikut ini merupakan instrumen HAK ASASI MANUSIA nasional, kecuali : A. Kepres No. 36 Ta B. UU No. 8 Tahun 1998 C. UU No. 32 Tahun 2004 D. UU No. 39 Tahun 1999 Lahirnya perundang-undangan HAK ASASI MANUSIA nasional terutama di latar belakangi hal-hal berikut ini, kecuali: A. komitmen untuk melaksanakan UDHR B. desakan masyarakat untuk mengembangkan kehidupan yang lebih demokratis C. melaksanakan amanat Tap MPR No.XVII/MPR/1998 tentang HAK ASASI MANUSIA D. supaya Hak Asasi Manusia perorangan (individualisme) tergeser paham kekeluargaan (kolektivisme) | 4 X 40 | - Susanti, Dini. (2006). Pendidikan Kewaeganegaraan Untuk SMP/MTs Kelas VII. Bansung: Rama Eisya - Gunawan. (2010). Pendidikan Kewarganegaraan. Klaten: Grafika Sua Tujuh | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3.2 Mendeskripsikan kasus pelanggar an dan upaya penegakkan HAM | · Menganalisis kasus-kasus pelanggaran HAM di Indonesia · Mengemukakan cara-cara penanganan pelanggaran HAM | Perlindungan dan Penegakkan HAM | Mengamati , mencermati dan membuat laporan tentang kasus-kasus pelanggar an HAM di lingku ngan keluarga, sekolah dan masyarakat sekitar tempat tinggal | Tes lisan Penuga san Penuga san | Daftar Pertanyaan Tugas rumah Tugas Proyek | · Siapa di antara kalian yang bisa mengemukakan apa yang dimak sud pelanggaran HAM? · Berikan contoh kasus pelanggaran HAM yang terjadi di rumah, sekolah dan lingkungan tempat tinggal kalian! Tugas : Buat klipping dari guntingan surat kabar tentang kasus-kasus pelanggaran HAM Tugas : Mengunjungi atau mewawancarai anggota kepolisian setempat tentang uapaya yang dilakukannya dalam rangka penanganan pelanggran HAM di wilayahnya | 2 x 40’ | - Susanti, Dini. (2006). Pendidikan Kewaeganegaraan Untuk SMP/MTs Kelas VII. Bansung: Rama Eisya - Gunawan. (2010). Pendidikan Kewarganegaraan. Klaten: Grafika Sua Tujuh | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3.3 Menghargai upa ya perlindungan HAM | · Menguraikan lembaga perlindungan HAM · Menyebutkan pasal-pasal dalam UUD 1945 hasil perubahan yang berkaitan dengan HAM | Perlindungan dan Penegakkan HAM | Membaca, mendiskusikan dan membuat laporan tentang pasal-pasal UUD 1945 hasil perubahan yang memuat kandungan Hak Asasi Manusia | Tes tulis Tes tulis | Tes Uraian Tes Pilihan Ganda | Uraikan secara jelas dan tepat peranan lembaga perlindungan HAM di bawah ini! a. Komnas Hak Asasi Manusia b. Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia c. Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekersan d. Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat Setiap orang berhak atas status kewarganegaraan. Pernyataan ini merupakan rumusan jaminan hak asasi manusuai yang terdapat dalam pasal 28, khususnya ayat.... A. (1) B. (2) C. (3) D. (4) | 2 x 40’ | - Susanti, Dini. (2006). Pendidikan Kewaeganegaraan Untuk SMP/MTs Kelas VII. Bansung: Rama Eisya - Gunawan. (2010). Pendidikan Kewarganegaraan. Klaten: Grafika Sua Tujuh | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3.4 Menghargai upa ya penegakkan HAM | · Menunjukkan sikap positif terhadap upaya penegakkan HAM di wilayahnya · Menampilkan sikap positif terhadap upaya penegakkan dan perlindungan HAM di wilayahnya | Perlindungan dan Penegakkan HAM | Mengamati , mencermati dan membuat laporan tentang upaya-upaya penegakkan HAM di lingku ngan keluarga, sekolah dan masyarakat sekitar tempat tinggal | Kuesio ner | Skala sikap | Petunjuk! Berilah tanda cek (V) pada kolom yang sesuai dengan pendapat kalian!
Keterangan: SS= Sangat Setuju ( bobot skor 5 kalau pernyataan positi dan 1 kalau negatif ) S = Setuju ( skor 4 kalau pernyataan positif dan 1 kalau negatif ) N = Tidak Berpendapat/Netral ( skor 3 ) TS = Tidak Setuju ( bobot skor 2 kalau pernyataan positif dan 4 kalau negatif ) STS = Sangat Tidak Setuju ( bobot skor 5 kalau pernyataan positif dan 1 kalau negatif ) | 2 x 40’ | - Susanti, Dini. (2006). Pendidikan Kewaeganegaraan Untuk SMP/MTs Kelas VII. Bansung: Rama Eisya - Gunawan. (2010). Pendidikan Kewarganegaraan. Klaten: Grafika Sua Tujuh - Contoh atrikel dalam Koran atau majalah |
SILABUS
Sekolah : SMP Al Falah
Kelas : VII
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Semester : II ( dua )
Standar Kompetensi : 4. Menampilkan perilaku kemerdekaan mengemukakan pendapat
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI POKOK | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
TEKNIK | BENTUK | CONTOH INSTRUMEN | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
4.1 Menjelaskan hakekat kemerdekaan mengemukakan pendapat | · Menjelaskan hakekat kemerdekaan menge mukakan pendapat · Mengkaji akibat pem batasan kemerdekaan mengemukakan pendapat · Mendeskripsikan konsekuensi kebe basan mengemu kakan penda pat tanpa | Kemerdekaan mengemukakan pendapat | Mengamati , mencermati dan membuat laporan ten tang pelaksanaan kemerde kaan mengemukakan pen dapat di lingkungan kelu arga, sekolah dan masya rakat sekitar tempat tinggal | Tes tulis Tes lisan Tes lisan | Tes Pilihan Ganda Daftar pertanyaan Daftar pertanyaan | Kemerdekaan menyampaikan pendapat di muka umum adalah hak setiap... A. WNI B. WNA C. Penduduk D. Manusia Wujud pelaksanaan kemerdekaan menyam paikan pendapat di muka umum .... A. demonstrasi B. pawai C. rapat umum D. mimbar bebas Bagaimana pendapat kalian, apa akibatnya kalau terhadap kebebasan mengemukakan pendapat dila kukan pembatasan-pembatasan? Kemukakan oleh kalian, apa akibatnya kalau dalam mengemu kakan pendapat tanpa dilakukan pembatasan-pembatasan? | 4 x 40’ | - Susanti, Dini. (2006). Pendidikan Kewaeganegaraan Untuk SMP/MTs Kelas VII. Bansung: Rama Eisya - Gunawan. (2010). Pendidikan Kewarganegaraan. Klaten: Grafika Sua Tujuh | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
4.2 Menguraikan pentingnya kemerdekaan mengemu kakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab | · Menjelaskan dasar hukum kemerdekaan mengemukakan pendapat · Menjelaskan hake kat kemerdekaan mengemukakan pendapat secara bebas dan bertang gung jawab · Mengemukakan tata cara mengemuka kan pendapat seca ra bebas dan bertanggung jawab | Kemerdekaan mengemukakan pendapat | Diskusi mempraktekkan kemerdekaan mengemuka kan pendapat secara bebas dan bertanggungjawab de ngan tema “ Larangan mero kok di kalangan pelajaran SMP”. Siswa diminta mela porkan tentang kesan dan pesan pelaksanaan diskusi tersebut . | Tes tulis Tes tulis Tes tulis | Tes Pilihan Ganda Tes Pilihan Ganda Tes Pilihan Ganda | UUD 1945 memberikan jaminan ter hadap kemerdekaan mengeluarkan pendapat. Jaminan tersebut tertu ang dalam .... A. Pasal 27 B. Pasal 28 C. Pasal 29 D. Pasal 30 Dalam menyampaikan pendapat di muka umum berkewajiban dan bertanggungjawab untuk, kecuali : A. menjaga keutuhan, persatuan dan kesatuan bangsa B. menjaga keamanan dan ketertiban C. menjaga kepen tingan kelom pok/etnis tertentu D. menghormati hak dan kebebasan orang lain Demonstrasi merupakan salah satu perwujudan mengemukakan penda pat secara bebas dan bertanggung jawab. Sebelum melakukan demonstrasi pimpinan demo terlebih dahulu harus.... A. mendata jumlah anggotanya yang akan berdemo B. mengadakan mobilisasi anggota yang akan berdemo C. mengajak organisasi lain untuk berdemo D. melaporkan dan meinta izin ke aparat berwenang | 2 x 40’ | - Susanti, Dini. (2006). Pendidikan Kewaeganegaraan Untuk SMP/MTs Kelas VII. Bansung: Rama Eisya - Gunawan. (2010). Pendidikan Kewarganegaraan. Klaten: Grafika Sua Tujuh | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
4.3Mengakuatlisasikan kemerdekaan mengemuka kan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab | · Menunjukkan sikap positif terhadap penggunaan hak mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab | Kemerdekaan mengemukakan pendapat | Mengamati , mencermati dan membuat laporan pelaksanaan kemerdekaan mengemukakan pendapat di lingku ngan keluarga, sekolah dan masyarakat sekitar tempat tinggal | Kuesi oner | Skala sikap | Petunjuk! Berilah tanda cek (V) pada kolom yang sesuai dengan pendapat kalian!
Keterangan: SS= Sangat Setuju ( bobot skor 5 kalau pernyataan positi dan 1 kalau negatif ) S = Setuju ( skor 4 kalau pernyataan positif dan 1 kalau negatif ) N = Tidak Berpendapat/Netral ( skor 3 ) TS = Tidak Setuju ( bobot skor 2 kalau pernyataan positif dan 4 kalau negatif ) STS = Sangat Tidak Setuju ( bobot skor 5 kalau pernyataan positif dan 1 kalau negatif ) | 4 x 40’ | - Susanti, Dini. (2006). Pendidikan Kewaeganegaraan Untuk SMP/MTs Kelas VII. Bansung: Rama Eisya - Gunawan. (2010). Pendidikan Kewarganegaraan. Klaten: Grafika Sua Tujuh - Contoh Poster Uunjuik rasa |
Mengetahui Kepala SMP Al Falah A. Suganda, S.Ag. | Bandung, 12 juli 2010 Guru Mata Pelajaran Ahmad Rosadi |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar