PROGRAM TAHUNAN
Satuan Pendidikan : SMP Al-Falah
Mata Pelajaran : Kewarganegaraan
Kelas : VII (tujuh)
Tahun Pelajaran : 2010/2011
I. PERHITUNGAN JUMLAH MINGGU DALAM SETAHUN
| NO | NAMA BULAN DAN TAHUN | BANYAKNYA MINGGU | KETERANGAN | |
| KALENDER | BELAJAR | |||
| 1 | Juli 2010 | 2 | 2 | Ulangan harian : 4 minggu |
| 2 | Agustus | 5 | 3 | Cadangan : 2 minggu |
| 3 | September | 5 | 3 | |
| 4 | Oktober | 5 | 3 | |
| 5 | November | 5 | 4 | |
| 6 | Desember | 5 | 1 | |
| 7 | Januari 2011 | 5 | 3 | |
| 8 | Febuari | 4 | 4 | |
| 9 | Maret | 4 | 2 | |
| 10 | April | 5 | 2 | |
| 11 | Mei | 5 | 4 | |
| 12 | Juni | 5 | 1 | |
| Jumlah | 55 | 32 | | |
Jumlah Jam efektif : Jumlah minggu efektif x Jumlah jam per minggu efektif
: 32 x 2
: 64 jam
Ulangan harian : 4 minggu (8 Jam)
Cadangan : 2 minggu (4 Jam)
Jumlah jam efektif : 64-8-4
: 52 Jam
II. DISTRIBUSI MATERI POKOK DAN ALOKASI WAKTU
Satuan Pendidikan : SMP Al-Falah
Mata Pelajaran : Kewarganegaraan
Kelas : VII (tujuh)
Semester : Ganjil
Tahun Pelajaran : 2010/2011
| Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Alokasi Waktu | Ket |
| Menunjukkan sikap positif terhadap norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara | 1.1 Mendeskripsikan hakikat norma-norma, kebiasaan, adat istiadat, peraturan yang berlaku dalam masyarakat | Norma -norma dalam masyarakat | 4 X 40” | |
| 1.2. Menjelaskan hakikat dan arti periling hokum bagi warga Negara | Norma -norma dalam masyarakat | 4 x 40” | | |
| 1.3. Menerapkan norma-norma, kebiasaan-kebiasaan,adat istiadat dan peraturan yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat,berbangsa dan bemegara | Norma - norma dalam masyarakat | 2x40’ | | |
| Mendeskripsikan Proklamasi Kemerdekaan dan konstitusi pertama | 2.1 Menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan | Hubungan Proklamasi kemerdekaan dengan UUD 1945 | 4 x 40” | |
| 2.2 Mendeskripsikan suasana kebatinan konstitusi pertama | 4 x 40” | | ||
| 2.3. Menunjukkan si kapositif terhadap makna proklamasi kemerdekaan dan suasana kebatinan konstitusi pertama | 4 x 40” | | ||
| J u m l a h J a m K e s e l u r u h a n | 22 Jam | | ||
Satuan Pendidikan : SMP Al-Falah
Mata Pelajaran : Kewarganegaraan
Kelas : VII (tujuh)
Semester : Genap
Tahun Pelajaran : 2010/2011
| Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Alokasi Waktu | Ket |
| Menampilkan sikap positif terhadap perlindungan dan penegakkan Hak Azasi Manusia (HAM) | 3.1 Menguraikan hakikat, hukum dan kelembagaan HAM | Perlindungan Dan Penegakkan HAM | 4 x 40” | |
| 3.2 Mendeskripsi-kan kasus pelanggaran dan upaya penegakkan HAM | 2 x 40” | | ||
| 3.3 Menghargai upaya perlindungan HAM | 2 x 40” | | ||
| 3.4. Menghargai upaya penegakkan HAM | 2 x 40” | | ||
| Menampilkan perilaku kemerdekaan mengemukakan pendapat | 4.1. Menjelaskan hakekat kemerdekaan mengemukakan pendapat | Menjelaskan hakekat kemerdekaan mengemukakan pendapat | 4 x 40” | |
| 4.2 Menguraikan pentingnya kemerdekaanmengemukakanpendapat secara bebas dan bertanggung jawab | Kemerdekaan mengemukakan pendapat | 2 x 40” | | |
| | 4.3 Mengakuatlisasikan kemerdekaan mengemuka kan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab | | 4 x 40 | |
| J u m l a h J a m K e s e l u r u h a n | 20 Jam | | ||
| Mengetahui Kepala SMP Al Falah A. Suganda, S.Ag. | Bandung, 12 juli 2010 Guru Mata Pelajaran Ahmad Rosadi |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar