PROGRAM TAHUNAN
Satuan Pendidikan : SMP Al-Falah
Mata Pelajaran : Kewarganegaraan
Kelas : VII (tujuh)
Tahun Pelajaran : 2010/2011
I. PERHITUNGAN JUMLAH MINGGU DALAM SETAHUN
NO | NAMA BULAN DAN TAHUN | BANYAKNYA MINGGU | KETERANGAN | |
KALENDER | BELAJAR | |||
1 | Juli 2010 | 2 | 2 | Ulangan harian : 4 minggu |
2 | Agustus | 5 | 3 | Cadangan : 2 minggu |
3 | September | 5 | 3 | |
4 | Oktober | 5 | 3 | |
5 | November | 5 | 4 | |
6 | Desember | 5 | 1 | |
7 | Januari 2011 | 5 | 3 | |
8 | Febuari | 4 | 4 | |
9 | Maret | 4 | 2 | |
10 | April | 5 | 2 | |
11 | Mei | 5 | 4 | |
12 | Juni | 5 | 1 | |
Jumlah | 55 | 32 | |
Jumlah Jam efektif : Jumlah minggu efektif x Jumlah jam per minggu efektif
: 32 x 2
: 64 jam
Ulangan harian : 4 minggu (8 Jam)
Cadangan : 2 minggu (4 Jam)
Jumlah jam efektif : 64-8-4
: 52 Jam
II. DISTRIBUSI MATERI POKOK DAN ALOKASI WAKTU
Satuan Pendidikan : SMP Al-Falah
Mata Pelajaran : Kewarganegaraan
Kelas : VII (tujuh)
Semester : Ganjil
Tahun Pelajaran : 2010/2011
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Alokasi Waktu | Ket |
Menunjukkan sikap positif terhadap norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara | 1.1 Mendeskripsikan hakikat norma-norma, kebiasaan, adat istiadat, peraturan yang berlaku dalam masyarakat | Norma -norma dalam masyarakat | 4 X 40” | |
1.2. Menjelaskan hakikat dan arti periling hokum bagi warga Negara | Norma -norma dalam masyarakat | 4 x 40” | | |
1.3. Menerapkan norma-norma, kebiasaan-kebiasaan,adat istiadat dan peraturan yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat,berbangsa dan bemegara | Norma - norma dalam masyarakat | 2x40’ | | |
Mendeskripsikan Proklamasi Kemerdekaan dan konstitusi pertama | 2.1 Menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan | Hubungan Proklamasi kemerdekaan dengan UUD 1945 | 4 x 40” | |
2.2 Mendeskripsikan suasana kebatinan konstitusi pertama | 4 x 40” | | ||
2.3. Menunjukkan si kapositif terhadap makna proklamasi kemerdekaan dan suasana kebatinan konstitusi pertama | 4 x 40” | | ||
J u m l a h J a m K e s e l u r u h a n | 22 Jam | |
Satuan Pendidikan : SMP Al-Falah
Mata Pelajaran : Kewarganegaraan
Kelas : VII (tujuh)
Semester : Genap
Tahun Pelajaran : 2010/2011
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Alokasi Waktu | Ket |
Menampilkan sikap positif terhadap perlindungan dan penegakkan Hak Azasi Manusia (HAM) | 3.1 Menguraikan hakikat, hukum dan kelembagaan HAM | Perlindungan Dan Penegakkan HAM | 4 x 40” | |
3.2 Mendeskripsi-kan kasus pelanggaran dan upaya penegakkan HAM | 2 x 40” | | ||
3.3 Menghargai upaya perlindungan HAM | 2 x 40” | | ||
3.4. Menghargai upaya penegakkan HAM | 2 x 40” | | ||
Menampilkan perilaku kemerdekaan mengemukakan pendapat | 4.1. Menjelaskan hakekat kemerdekaan mengemukakan pendapat | Menjelaskan hakekat kemerdekaan mengemukakan pendapat | 4 x 40” | |
4.2 Menguraikan pentingnya kemerdekaanmengemukakanpendapat secara bebas dan bertanggung jawab | Kemerdekaan mengemukakan pendapat | 2 x 40” | | |
| 4.3 Mengakuatlisasikan kemerdekaan mengemuka kan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab | | 4 x 40 | |
J u m l a h J a m K e s e l u r u h a n | 20 Jam | |
Mengetahui Kepala SMP Al Falah A. Suganda, S.Ag. | Bandung, 12 juli 2010 Guru Mata Pelajaran Ahmad Rosadi |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar