KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM (KKM)
Sekolah : SMP Al Falah
Kelas : VII (tujuh)
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Semester : I (satu)
Standar Kompetensi : 1. Menunjukkan sikap positif terhadap norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat,
berbangsa dan bernegara
KOMPETENSI DASAR INDIKATOR ASPEK KKM
Kompleksitas Intaks Sarana Pendukung
1.1 Mendeskripsikan hakikat norma-norma, kebiasaan, adat istiadat, peraturan yang berlaku dalam masyarakat
Menjelaskan hakekat norma.
Menjelaskan pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat.
Menguraikan macam- macam norma 75 75 75
75
1.2. Menjelaskan hakikat dan arti penting hukum
bagi warga Negara
Menjelaskan pentingnya norma hukum dalam kehidupan benegara
Menjelaskan tujuan ditetapkannya hukum dalam suatu Negara
Menunjukkan kepatuhan terhadap hukum dalam kehidupan sehari-hari
Perlunya penerapan norma, kebiasaan dan adat istiadat yang beriaku dalam masyarakat 70 70 70 70
1.3 Menerapkan norma-norma, kebiasaan-kebiasaan,adat istiadat dan peraturan yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat,berbangsa dan bemegara Norma - norma dalam masyarakat 80 80 80 80
2. Standar Kompotensi : Mendeskripsikan Proklamasi Kemerdekaan dan konstitusi pertama
KOMPETENSI DASAR INDIKATOR ASPEK KKM
Kompleksitas Intaks Sarana Pendukung
2.1 Menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan Menguraikan perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan
Menjelaskan arti kemerdekaan bagi suatu bangsa
Menunjukkan pentingnya pewarisan semangat proklamasi kemerdekaan 80 80 80 80
2.2 Mendeskripsikan suasana kebatinan konstitusi pertama Menjelaskan suasana sidang PPKI tanggal 18-8-1945
Menguraikan hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18-8-1945
Menganalisis hubungan proklamasi dengan UUD 70 70 70 70
2.3. Menunjukkan sikap positif terhadap makna proklamasi kemerdekaan dan suasa na kebatinan konstitusi pertama Menunjukkan sikap positif terhadap makna proklamasi kemerdekaan dan suasana sidang UUD pertama 75 75 75 75
Mengetahui,
Kepala SMP Al Falah
A. Suganda, S.Ag Bandung, 12 Juli 2010
Guru Mata Pelajaran
Ahmad Rosadi
KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM (KKM)
Sekolah : SMP Al FALAH
Kelas : VII (tujuh)
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Semester : II (dua)
Standar Kompetensi : 3. Menampilkan sikap positif terhadap perlindungan dan penegakkan Hak Azasi Manusia (HAM)
KOMPETENSI DASAR INDIKATOR ASPEK KKM
Kompleksitas Intaks Sarana Pendukung
3.1 Menguraikan hakikat, hukum dan kelembagaan HAM
Menyebutkan berbagai instrumen HAM
Menjelaskan latar belakang lahimya pemndang-undangan HAM nasional
75 75 75 75
3.2. Mendeskripsi-kan kasus pelanggaran dan upaya penegakkan HAM Menganalisis kasus-kasus pelanggaran HAM di Indonesia.
Mengemukakan cara-cara penanganan pelanggaran HAM 75 75 75 70
3.3 Menghargai upaya perlindungan HAM Menguraikan lembaga perlindungan HAM
Menyebutkan pasal-pasal dalam UUD 1945 hasil perubahan yang berkaitan dengan HAM 70 70 70 70
Menghargai upaya penegakkan HAM Menunjukkan sikap positif terhadap upaya penegakkan HAM di wilayahnya.
Menampilkan sikap positif terhadap upaya penegakkan dan perlindungan HAM di wilayahnya 70 70 70 70
Standar Kompetensi: 4. Menampilkan perilaku kemerdekaan mengemukakan pendapat
KOMPETENSI DASAR INDIKATOR ASPEK KKM
Kompleksitas Intaks Sarana Pendukung
4.1 Menjelaskan hakekat kemerdekaan mengemukakan pendapat
Menjelaskan hakekat kemerdekaan mengemukakan pendapat
Mengkaji akibat pembatasan kemerdekaan mengemukakan pendapat
Mendeskripsikankonsekuensi kebebasan mengemukakan pendapat tanpa tanggung jawab 80 80 80 80
4.2 Menguraikan pentingnya kemerdekaanmengemukakanpendapat secara bebas dan bertanggung jawab
Menjelaskan dasar hokum kemerdekaan mengemukakan pendapat
Menjelaskan hake kat kemerdekaan mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab
Mengemukakan tatacara mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab
Menunjukkan sikap positifterhadap penggunaan hak mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab 80 80 80 80
Mengetahui,
Kepala SMP Al Falah
A. Suganda, S.Ag Bandung, 12 Juli. 2010
Guru Mata Pelajaran
Ahmad Rosadi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar